Senin, 12 November 2012

KASUS PT GREAT RIVER INTERNASIONAL Tbk



KASUS PT GREAT RIVER INTERNASIONAL Tbk
1.      Identifikasikan pelanggaran apa saja yang terjadi dalam artikel tersebut !
Setelah saya membaca artikel ini ternyata banyak pelanggaran-pelanggaran  dalam kasus PT GREAT RIVER INTERNASIONAL Tbk :
·         AP Justinus Aditya Sidharta terbukti melakukan pelanggaran terhadap Standar Profesional Akuntan Publik (SPAP) berkaitan dengan laporan audit atas laporan keuangan konsolidasi PT Great River Internasional Tbk tahun 2003.
·         Adanya konspirasi dalam penyajian laporan keuangan PT Great River Internasional Tbk,penyidikan dilakukan pada tahun 2003 karena laporan keuangan 2003 disajikan untuk penerbitan obligasi perseroan yang gagal bayar.
·         AP yang mengaudit laporan keuangan PT Great River Internasional tahun 2003 menyatakan alasan dugaan overstatement karena pencatatan untuk akun penjualan menggunakan metode yang berbeda dari ketentuan yang ada. dengan metode ini, perusahaan menyertakan dana bahan baku yang dikeluarkan oleh pemesan sebagai bagian dari pendapatan. perusahaan menerima order pakaian dari luar negeri dengan bahan baku dari pemesan. Jadi, Great River hanya mengeluarkan ongkos operasi pembuatan pakaian. Tapi pada saat pesanan dikirim ke luar negeri, nilai ekspor nya dicantumkan dengan menjumlahkan harga bahan baku, aksesoris, ongkos kerja, dan laba perusahaan.
·         Bapepam menemukan kelebihan pencatatan penyajian akun penjualan dan piutang dalam laporan tersebut. kelebihan itu berupa penambahan asset tetap dan penggunaan dana hasil emisi obligasi yang tanpa pembuktian.

2.      Apakah ada hubungan antara kesalahan pencatatan atas laporan keuangan dengan kesulitan perusahaan dalam membayar hutangnya?
Menurut saya, hal tersebut tidak ada hubungannya  antara kesalahan pencatatan atas laporan keuangan dengan kesulitan perusahaan dalam membayar hutangnya. Karena dalam artikel tersebut  AP Justinus Aditya Sidharta menyatakan bahwa metode pencatatan seperti yang dilakukan oleh PT. GREAT RIVER INTERNATIONAL Tbk bertujuan untuk menghindari dugaan dumping dan sanksi perpajakan. Sebab menurut PT. GREAT RIVER INTERNATIONAL Tbk, saldo laba bersih tidak berbeda dengan yang diterima perusahaan. Dan hal itulah yang memicu adanya penggelembungan nilai penjualan sehingga diindikasikan sebagai penyembunyian informasi secara sengaja.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar